Selamat Datang di Website Resmi PKM Palibelo Kabupaten Bima - NTB

Artikel

Menekan Penyalahgunaan NAPZA Dengan Pola Asuh Yang Positif

09 Juli 2019 11:23:52  Admin PKM Palibelo  975 Kali Dibaca  Berita Terkini

Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak-anak adalah dasar dari hubungan keluarga yang baik, mengembangkan komunikasi yang baik membantu orng tua untuk merangkul masalah awal, mendukung prilaku positif dan tetap menyadari apa yang terjadi dalam kehidupan anak mereka.

Sebelum memulai komunikasi : 1. Pastikan waktu yang baik untuk berbicara dan anda bisa fokus seratus persen pada saat berkomunikasi dengan anak anda. 2. Miliki sebuah rencana (perilaku yang ingin di rubah) 3. Kumpulkan pemikiran anda sebelum anda mengumpulkan anak anda 4. Bersikap tenang dan sabar 5. Batasi gangguan.

Keterampilan berkomunikasi: 1. Membuat pertanyaan, Jenis informasi yg akan anda terima tergantung pada seberapa banyak anda mengajukan pertanyaan. - menunjukan minat atau perhatian.hindari menyalahkan atau menuduh, misalnya bagaimana kamu bisa masuk dalam situasi ini atau kedengarannya seperti situasi yang sulit. - Mendorong memecahkan masalah / berpikir, misalnya jadi apa yang menurut kamu akan menjadi cara yang lebih baik untuk menangangi itu 2. Mendengar dan mengamati. Anak-anak merasa lebih nyaman membawa isu-isu dan menceritakan masalah ke orang tua mereka,ketika mereka tahu akan di dengar dan tidak di tuduh.

Tips tambahan : - Hadir dan fokus - Tunjukan pengertian - Mendengarkan dengan rasa hormat - Hindari emosi negatif - Memberi dorongan 3. Mengurangi emosi Kadang-kadang,berbicara dengan anak-anak membawa perasaan yang kuat yang menggangu pemikiran yang jernih.

Berikut langkah-langkah CALM yang dapat membantu orang tua kearah yang benar. 1. Control : Mengontrol pikiran dan tindakan anda 2. Asses : Menilai dan memutuskan apakah anda terlalu marah untuk melanjutkan 3. Leave : Meninggalkan situasi jika anda terlalu marah atau kesal 4. Make a plan : Membuat rencana untuk menghadapi situasi dalam waktu 24 jam.

Ketika mendengarkan anak-anak ingatlah : 1. Tunjukkan pengertian 2. Ulangi kembali atau meringkas kembali apa yang di katakan anak anda 3. Praktek kesabaran 4. Tekankan perilaku positif dan pilihan.

Bila bapak/ibu membutuhkan konsultasi, silakan datang ke Ruang Konsultasi Terpadu Puskesmas Palibelo. Petugas yang sudah terlatih siap melayani.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah PKM

Kategori

Aparatur PKM

Back Next

Sinergi Program

Info Media Sosial

Lokasi Kantor PKM


Alamat : Jalan Syekh Subuh Desa Teke RT 01RW 01
PKM : Palibelo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 082236584700
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:116
    Kemarin:508
    Total Pengunjung:276.770
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.126.198
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Komentar Terkini