Selamat Datang di Website Resmi PKM Palibelo Kabupaten Bima - NTB

Artikel

Mengenal 3T Dalam Memutus Rantai Penularan Covid-19

06 Juli 2021 00:23:03  Admin PKM Palibelo  1.114 Kali Dibaca  Berita Terkini

Peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi saat membutuhkan keterlibatan dari semua unsur dalam upaya memutus rantai penularan. Mungkin kita sudah sering mendengar kegiatan yang disebut  '3T'. Apakah 3T itu?

T yang pertama Testing (Tes) adalah pemeriksaan untuk mengetahui kondisi seseorang apakah terpapar Covid-19 atau tidak. Hal ini sangat penting agar dapat menentukan tindakan lebih lanjut.

T yang kedua Tracing (Telusur) adalah proses mengidentifikasi siapa saja orang-orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19. 

T yang ketiga Treatment (Tindak Lanjut) adalah perawatan kepada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Perawatan ini ada 2 cara yaitu Isolasi di Rumah Sakit bagi yang bergejala sedang dan berat dan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan petugas Puskesmas bagi yang tanpa gejala atau bergejala ringan. Isolasi mandiri di rumah ini dilaksanakan selama 14 hari.

Kegiatan 3T ini dilaksanakan oleh petugas puskesmas dan tracer desa yang terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas dan relawan. Keterlibatan Babinsa/Babinkamtibmas ini dirasakan sangat membantu dalam melakukan pendekatan kepada keluarga pasien karena tidak jarang kita dapatkan keluarga pasien yang tidak koperatif.

Dukungan masyarakat dalam kegiatan 3T ini akan sangat menentukan berhasilnya upaya memutus rantai penularan Covid-19 ini.

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah PKM

Kategori

Aparatur PKM

Back Next

Sinergi Program

Info Media Sosial

Lokasi Kantor PKM


Alamat : Jalan Syekh Subuh Desa Teke RT 01RW 01
PKM : Palibelo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 082236584700
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:80
    Kemarin:117
    Total Pengunjung:265.217
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.42.105
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Komentar Terkini