Selamat Datang di Website Resmi PKM Palibelo Kabupaten Bima - NTB

Artikel

Vaksinasi Covid-19 Pada Ibu Hamil di Kecamatan Palibelo

16 September 2021 13:56:53  Admin PKM Palibelo  1.016 Kali Dibaca  Berita Terkini

Vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga pada saat seseorang terpajan dengan penyakit tersebut orang itu tidak akan sakit atau hanya mengalami penyakit ringan. 

Ibu hamil memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga lebih rentan terkena penyakit. Mengingat imunitasnya yang rendah, ibu hamil mudah terinfeksi penyakit termasuk Covid-19. Ibu hamil yang terkena Covid-19 yang berat berisiko mengalami persalinan pre term, keguguran hingga kematian.

Sesuai dengan Surat Edaran Kemenkes RI Nomor HK.02.02/I/2007/2021 tentang vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil, maka ibu hamil dapat diberikan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi yang dapat diberikan yaitu Sinovac, Moderna dan Pfizer (sesuai dengan ketersediaan). Vaksinasi ini dapat diberikan dua kali dimulai pada trimester kedua kehamilan.

Syarat vaksinasi ibu hamil berdasarkan surat edaran tersebut :

1. Ibu hamil yang memiliki tekanan darah 140/90 mmHg tidak dianjurkan untuk dilakukan vaksinasi.

2. Ibu hamil dengan kaki bengkak, sakit kepala, nyeri ulu hati, nyeri ulu hati dan pandangan kabur ditinjau ulang utk dilakukan vaksinasi .

3. Bila ibu hamil tersebut ada penyakit jantung, asma, DM, penyakit paru, HIV, hipertiroidisme, penyakit ginjal kronik, penyakit hati, harus dalam keadaan terkontrol.

4. Jika mengidap penyakit autoimun harus dalam kondisi terkontrol dan mendapat persetujuan dari dokter yang merawat.

5. Apabila ada riwayat alergi berat harus mendapatkan pemantauan khusus apalagi setelah vaksinasi untuk mengantisipasi munculnya efek samping 

6. Apabila ibu hamil sedang dalam pengobatan gangguan pembekuan darah, kelainan darah, defisiensi imun, penerima transfusi darah, mendapat pengobatan kortikosteroid atau kemoterapi maka vaksinasi akan ditunda.

Di Kecamatan Palibelo ibu hamil terbanyak yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 adalah ibu hamil dari Desa Ntonggu. Semoga ini dapat menjadi contoh untuk desa-desa lainnya.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah PKM

Kategori

Aparatur PKM

Back Next

Sinergi Program

Info Media Sosial

Lokasi Kantor PKM


Alamat : Jalan Syekh Subuh Desa Teke RT 01RW 01
PKM : Palibelo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 082236584700
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:148
    Kemarin:232
    Total Pengunjung:277.034
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.131.38
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Komentar Terkini