Selamat Datang di Website Resmi PKM Palibelo Kabupaten Bima - NTB

Artikel

GO SEGITIGA EMAS

12 September 2019 17:51:40  Admin PKM Palibelo  986 Kali Dibaca  Berita Terkini

Seperti kita ketahui bersama bahwa sampah  plastik itu merupakan jenis sampah yang sulit terurai sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan, yang akan mengganggu kelangsungan hidup manusia. Melihat BOTOL plastik sisa tempat minuman yang berserakan, merasa tergerak hati untuk dikumpulkan. Sudah banyak diolah menjadi hal yang bermanfaat. Tapi untuk pengolahan yang satu ini sedikit beda. Yakni BOTOL plastik bekas dijadikan tempat pengumpulan barang-barang sisa plastik kemudian dipadatkan. BOTOL yang sudah terisi ini akan dijadikan sebagai bahan untuk bangunan pengganti batu-bata yang lebih ramah lingkungan atau dikenal dengan istilah ECOBRICKS.

ECOBRICKS ini sendiri dapat dirangkai menjadi karya artistik limbah plastik seperti meja, kursi, taman bermain anak di sekolah atau di instansi masing masing sebagai cara lanjutan dari proses pembuatan ecobricks. Cara pemanfaatan sampah seperti ini sangat ramah lingkungan. Misalkan saja diolah dengan dibakar, tentu akan menimbulkan polusi udara. Apalagi dibuang sembarangan di tanah akan sangat sulit terurai. Ecobricks juga dapat digunakan sebagai pengganti batu-bata terutama kita bagi  yang hidup di wilayah rawan GEMPA, akan  meminimalisir bencana akibat gempa,  dari karena massa BOTOL plastik ini lebih ringan dibandingkan dengan batu-bata biasa yang kita kenal.

Puskesmas Palibelo mencoba menerapkan inovasi dengan nama  GO SEGITIGA EMAS. Segi Tiga Emas disini merupakan singkatan dari Sehatkan Gigi, Tingkatkan Gizi Anak, Eliminasi Sampah.

Tahap awal dimulai dengan sosialisasi program ke sekolah yang berada di wilayah kerja Puskesmas Palibelo, kemudian dilanjutkan dengan penggalangan dana setiap hari Jum'at di Puskesmas Palibelo sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam mendukung terlaksana dan suksesnya program ini. Dana ini akan digunakan untuk pembelian SIKAT GIGI sebagai upaya promotif dan preventif karies gigi pada kelompok beresiko tinggi seperti anak usia dini, TELUR sebagai upaya untuk meningkatkan gizi anak untuk mencegah stunting, SABUN untuk mendukung kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun. Ketiga bahan ini akan diberikan kepada anak sekolah dasar sebagai alat tukar ECOBRICKS yang mereka kumpulkan sebagi bentuk reward atau penghargaan atas usaha mereka menjadi pahlawan lingkungan. 

Rencananya kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Sekolah. Akan tetapi akan dilaksanakan juga di setiap desa dengan memberdayakan remaja dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya. Inovasi GO SEGITIGA EMAS ini didukung oleh tim dari lintas program. Yakni  Tim PROMOSI KESEHATAN, KESLING, GIZI, KESEHATAN GIGI & MULUT  serta KESEHATAN REMAJA. 

Puskemas Palibelo terus mencari terobosan untuk mewujudkan VISI  yaitu "Terwujudnya Masyarakat Kecamatan Palibelo Yang Sehat dan Mandiri 2023".

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah PKM

Kategori

Aparatur PKM

Back Next

Sinergi Program

Info Media Sosial

Lokasi Kantor PKM


Alamat : Jalan Syekh Subuh Desa Teke RT 01RW 01
PKM : Palibelo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 082236584700
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:157
    Kemarin:508
    Total Pengunjung:276.811
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:108.162.216.100
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Komentar Terkini