Selamat Datang di Website Resmi PKM Palibelo Kabupaten Bima - NTB

Artikel

Waspada Demam Berdarah Dengue

01 Januari 2020 22:27:05  Admin PKM Palibelo  1.009 Kali Dibaca  Berita Terkini

Memasuki musim hujan banyak penyakit yang harus diwaspadai terutama penyakit-prnyakit yang berbasis lingkungan seperti  Influenza, diare,  demam berdarah dengue,  demam typhoid, malaria dan leptospirosis. 

DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Argypti dan Aedes Albopictus . Nyamuk ini menggigut pada siang hari. 

Gejala  dari penyakit demam berdarah dengue adalah diawali dengan panas tinggi selama  4-7 hari disertai dengan sakit kepala dan nyeri otot yang hebat,  mual dan muntah serta adanya ruam. Ruam ini timbul oada hari ke 3-4 setelah demam dan akan menghilang 1-2 hari kemudian. Pada tahap selanjutnya dapat terjadi perdarahan spontan seperti keluar darah dari gusi,  hidung bahkan bisa terjadi  muntah darah. Bila keadaan terus berlanjut dapat menyebabkan shock atau renjatan.

Supaya tidak terkena demam berdarah kita dapat melakukan hal berikut :Melakukan Gerakan 3 M PLUS yaitu "Menguras" bak mandi dan tempat penampungan air lainnya setiap 3 hari, "Menutup" tempat penampungan air supaya nyamuk tidak  bertelur didalamnya dan "Mengubur" barang-barang bekas seperti kaleng-kaleng bekas, gelas minuman atau tempurung kelapa yang ada di sekitar lingkungan kita sehingga tidak menjadi tempat perindukan nyamuk. PLUS menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat atau lotion pembasmi nyamuk, tidur menggunakan kelambu,  kalau keluar rumah supaya menggunakan pakaian tertutup.

Mari kita lakukan gerakan 3 M PLUS supaya  anak-anak, keluarga dan saudara kita terhindar dari penyakit demam berdarah. 

Apabila ada keluarga yang mengalami gejala seperti yang disampaikan diatas bawalah ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan (admin pkmpalibelo).

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah PKM

Kategori

Aparatur PKM

Back Next

Sinergi Program

Info Media Sosial

Lokasi Kantor PKM


Alamat : Jalan Syekh Subuh Desa Teke RT 01RW 01
PKM : Palibelo
Kecamatan : Palibelo
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84173
Telepon : 082236584700
Email : [email protected]

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:165
    Kemarin:218
    Total Pengunjung:271.520
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.222.230
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Komentar Terkini